-->

Feat

Kyai Djam'an : Merawat Muhasabah Langkah Merawat Sukses

 

Foto : Drs. H. Djam'an Muhyiddin dalam menyampaikan kajian bulanan warga Muhammadiyah Kota Magelang

SURYAWARTA.COM-Magelang Setiap orang menginginkan kesuksesan. Namun, sukses bukan sekedar kata-kata. Ada langkah agar sukses itu menjadi sebuah jalan hidup kita. Demikian kata Kyai Djam'an Muhyiddin dalam mengisi kajian bulanan warga Muhammadiyah Kota Magelang di masjid Al Ittihad, Sabtu (07/01/2024).

Dikatakan, bahwa untuk menjadi orang sukses harus selalu bermuhasabah. Diantaranya adalah menjadi manusia sukses harus punya iman sehingga menguatkan aqidah.

"Orang yang punya aqidah kuat, pasti yakin kepada Allah. Karena jika Allah sudah dihati, maka tidak ada yang dikhawatirkan", ujar Ketua PDM periode 2005-2015.

Ditegaskan, yakin saja memang tidak cukup. Untuk mendapatkan arah yang jelas harus punya ilmu. Jangan sampai beramal tanpa ilmu, sehingga apa yang kita amalkan menjadi tidak berarti.

"Ilmu tanpa amal itu bagaikan pohon yang lebat tanpa berbuah. Itu jadi sia-sia kan.....!!", guyonnya.

Dalam pengajian ini, ustadz yang menjadi tokoh Muhammadiyah Kota Magelang ini juga mengingatkan bahwa sudah punya ilmu, bisa beramal dan tidak ikhlas juga bahaya. Pasalnya, ikhlas adalah kunci diterimanya amal dihadapan Allah SWT.

"Kalau sudah ikhlas, tentu istiqomah. Itu yang sulit", paparnya.

Pungkasnya, Kyai Djam'an menyampaikan bahwa hidup dengan iman menjadi terarah, dengan ilmu hidup menjadi mudah, dengan amal hidup menjadi berkah, dengan ihlas hidup menjadi rahmah dan dengan istiqomah hidup menjadi muthmainnah.

Ditulis oleh Fury Fariansyah (disarikan dalam kajian bulanan warga Muhammadiyah Kota Magelang)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kyai Djam'an : Merawat Muhasabah Langkah Merawat Sukses"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel