-->

Feat

Genjot Kebaikan, Selama Ramadan SMP Mutual Implementasikan Program One Day One Juz

 

Foto : Suasana pagi para siswa SMP mutual sedang tadarus dengan target one day one juz

SURYAWARTA.COM-Magelang Untuk menghidupkan ramadhan yang penuh berkah, salah satu program yang digenjot oleh SMP Muhammadiyah 1 Alternatif (Mutual) Kota Magelang adalah halaqoh pagi. Program ini menjadi salah satu unggulan program sekolah yang biasanya dilaksanakan setiap hari. Bedanya, jika dihari biasa para siswa halaqoh dengan perkelompok 10 orang dengan model setoran murojaah hafalan, namun dibulan ramadhan lebih fokus tadarus perkelas dengan program One Day One Juz.

Miftachul Jannah selaku koordinator halaqoh pagi menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini agar anak-anak mempunyai target minimal dalam satu bulan dapat khatam satu kali. Meskipun untuk siswa yang program boarding ditargetkan satu ramadhan lima kali khatam.

“Kita ada program fullday dan boarding. Untuk boarding kita dapat memantau 24 jam. Namun, untuk program fullday memang hanya bisa memantau disekolah secara terbatas. Maka targetnya minimal dalam satu ramadhan satu kali”, jelasnya.

Dengan dikonsep klasikal bersama dengan didampingi satu pendamping halaqoh, anak-anak dapat lebih semangat dan juga lebih serius.

“Kegiatan diawali dengan pukul 06.30 WIB shalat dhuha dan dilanjut tadarus sampai pukul 08.00 WIB”, tambahnya.

Ditambahkan juga, untuk guru karyawan dikonsep tadarus bersama sehingga setiap tiga hari sekali mereka dapat khatam bersama.

Wasi’un selaku kepala sekolah sangat mendorong dalam ramadhan ini dapat lebih banyak memanfaatkan waktu dengan kegiatan positif. Ini menjadi sebuah identitas orang beriman dengan mengisi kebaikan dibulan ramadhan.

“Dalam kegiatan ramadhan tahun ini anak-anak kita asah jiwa sosial dan empatinya nanti dalam kegiatan ramadhan di desa, Khidmah qoryah dan juga Mutual Goes To School for Kids dalam waktu 5 hari. Insya Allah dimulai tanggal 30 maret 2024. Namun, selama pembelajaran aktif kita biasakan tadarus bersama dengan program one day one juz. Semoga anak-anak dapat disibukkan dengan kebaikan dan penuh pahala keberkahan”, tandasnya.

Kontributor : Fury Fariansyah

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Genjot Kebaikan, Selama Ramadan SMP Mutual Implementasikan Program One Day One Juz"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel