-->

Feat

Gelar Student Talent, SMP Mutual Kenalkan Warisan Budaya Lokal Wayang Siladan

 

Foto : Wasi'un, M. Pd. I selaku kepala SMP Mutual Kota Magelang dalam membuka kegiatan student talent 2024.

SURYAWARTA.COM-Magelang Dalam jeda semester, siswa SMP Muhammadiyah 1 Alternatif (Mutual) Kota Magelang diisi dengan kegiatan "Student Talent" yang dapat menambah wawasan dan ketrampilan baru pada siswa. Acara ini diisi dengan kegiatan yang bersifat penanaman karakter. Mulai dari pengenalan seni dan juga motivasi serta keterampilan lainnya.

Kamis (06/06/2024), bertempat dihalaman sekolah para siswa diajak mengenal warisan budaya lokal wayang siladan. Kegiatan ini menghadirkan sanggar dari Kampoeng Pring Kebonsari Borobudur Magelang.

Kang Hasan sapaan akrabnya selaku koordinator sanggar menyampaikan bahwa sejarah wayang siladan adalah warisan para leluhur yang mana dikampungnya dulu banyak pengrajin dari bahan bambu. Para anak kecil yang biasa ikut lihat, mereka mengambil sisa siladan bambu yang dibuat mainan. Karena seperti karakter orang bentuknya, maka dinamai wayang siladan.

Foto : Salah satu siswa SMP Mutual saat membuat wayang siladan yang didampingi oleh para seniman sanggar

"Ini bukan wayang asli. Ini hanya wayang mainan. Jadi mau dinamai apa dan siapa bebas. Biasanya juga peran dan karakter wayang dibuat sebuah cerita orang tua zaman dulu yang mempunyai pesan moral", ceritanya.

Acara dibuka langsung oleh kepala SMP Mutual Kota Magelang, Wasi'un, M. PdI. Dalam sambutannya, dirinya mengajak para siswa untuk tetap mengenal budaya-budaya yang ada disekitar kita. Apalagi budaya lokal, ini akan menjadi sebuah nilai budaya lokal yang menjadi sebuah nilai berharga.

"Kemajuan memang tidak bisa dibendung. Teknologi lebih menjanjikan, namun budaya dan warisan dari nenek moyang kita jangan dilupakan", pintanya.

Foto : Hasil karya siswa dalam membuat wayang siladan dengan dipandu oleh Sanggar Kampoeng Pring Kebonsari Borobudur Magelang

Pembukaan simbolis dilakukan langsung dengan mencabut gunungan wayang dan mendapatkan tepuk tangan yang meriah.

"Alhamdulillah, anak-anak antusias. Ini ikhtiar kita dalam mempertahankan budaya dan menjadi warisan berharga", jelas Fifi Ratna Ekasari selaku penanggungjawab acara dan juga guru bahasa jawa.

Kontributor : Fury Fariansyah

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Gelar Student Talent, SMP Mutual Kenalkan Warisan Budaya Lokal Wayang Siladan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel