-->

Feat

Mahasiswa UMMagelang Adakan PPMT di Kampung Pemulung

Foto : Mahasiswa UMMagelang tim PPMT saat mengajar TPA di Kampung Pemulung
SURYAWARTA.COM-Magelang Selama tiga bulan, mahasiswa Universitas Muhammadiyah Magelang (UMMagelang) Fakultas Agama Islam Prodi Hukum Ekonomi Syariah mengadakan kegiatan sosial dalam rangka Program Pengabdian Masyarakat Terpadu (PPMT) di daerah Kiringan Baru Kel. Tidar Utara Kecamatan Magelang Selatan Kota Magelang.

Kegiatan ini merupakan program pengabdian yang dilaksanakan oleh dosen dan bekerjasama dengan mahasiswa. Tim yang terbentuk kali ini diketuai oleh Eko Kurniasih Pratiwi selaku dosen Fak. Agama Islam dan lima mahasiswa yaitu Nur Chotimah, Himma, Rice, Agnes Agustina, dan Pambudi Utoro.

Kampung ini dipilih atas assessment kelayakan dimana mata pencaharian masyarakat hampir semua pemulung, sehingga disebut sebagai kampung pemulung. Tingkat pendidikan yang kurang dan kesadaran beragama yang cukup rendah sehingga membuat tim tertarik untuk melakukan pengabdian ditempat tersebut.

"Kita memberikan pendampingan keagamaan dan beberapa pelatihan yang dirasa dapat memberikan produktifitas masyarakat", kata Eko Kurniasih Pratiwi selaku ketua tim.

Perempuan yang akrab disapa Tiwi ini juga mengatakan bahwa para mahasiswa membuat pojok baca, menghidupkan Taman Pendidikan Al Quran (TPA), dan bimbingan belajar. Menurutnya, hal itu menjadi kurang perhatian karena orang tua mereka rata-rata berpendidikan rendah.

"Selain menggarap anak-anak, kita juga memberikan kajian pendampingan spiritual kepada orang tua setiap seminggu sekali", ujar perempuan yang juga menjadi Ketua Nasyiatul Aisyiyah Kota Magelang.

Selain pendampingan keagamaan, PPMT juga memberikan pendampingan ekonomi seperti kegiatan pelatihan mendaurulang sampah plastik dan budidaya lele. 
Foto : Mahasiswa UMMagelang PPMT memberikan bimbel
"Kegiatan ini sedianya belum selesai. Namun, karena pandemi Covid-19 sehingga tertunda", ucap Tiwi kepada redaksi suryawarta.com, (20/04/20).

Lebih lanjut, Tiwi berharap program ini dapat menambah pengalaman para mahasiswa serta mengasah kepeduliaan para mahasiswa sehingga lulus nanti punya pengalaman dan rasa sosial yang tinggi. 

"Program ini akan kami lakukan secara berkelanjutan yang nanti bekerjasama dengan Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) Kota Magelang", pungkasnya.

Kontributor : Fury Fariansyah

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mahasiswa UMMagelang Adakan PPMT di Kampung Pemulung"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel