Peran Aisyiyah Dalam Membangun Kelentingan Keluarga & Komunitas Pada Masa Covid-19

 

SURYAWARTA.COM-Yogyakarta Ditengah pandemi Covid-19, Aisyiyah sebagai organisasi perempuan juga turut mengawal serta membangun peran aktif membersamai umat. Salah satunya adalah pendampingan kelentingan keluarga dan komunitas yang bekerjasama dengan Asia Fondation. Hal ini ditindaklanjuti kembali melalui silaturahmi dan dialog secara virtual melalui aplikasi zoom, Ahad (30/08/20).

Acara tersebut diikuti sebanyak 182 participant yang terdiri dari unsur Pimpinan Harian PP Aisyiyah, The Asia Fondation, Pimpinan Wilayah Aisyiyah, dan juga 16 wilayah pelaksana program Kelentingan Keluarga dan Komunitas Pada Masa Pandemi Covid-19.

Program ini dilaksanakan oleh Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) PP Aisyiyah dengan tujuan untuk membangun ketangguhan dan daya lenting dilingkungan keluarga maupun komunitas melalui kegiatan peternakan, komposting, dan budidaya tanaman sayur.


Siti Noordjanah Djohantini selaku Ketua PP Aisyiyah dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa gerakan ta'awun Aisyiyah yang bekerjasama dengan Asia Fondation pada masa Covid-19 ini sudah berjalan 5 bulan. Menurutnya, kerjasama ini menjadi sinergitas yang meringankan dalam membawa beban serta kepedulian disituasi yang seperti saat ini.


"Kita sudah melangkah banyak hal dalam penanganan Covid-19. Tentu Muhammdiyah dan Aisyiyah berjalan selaras", tambahnya.

Ketua PP Aisyiyah yang membidangi LLHPB, Atikah M Zaki mengatakan bahwa apa yang dilaksanakan oleh Pimpinan Wilayah Aisyiyah (PWA) di 16 provinsi ini dapat menginspirasi PWA yang lain. 


"Aisyiyah sudah punya modal sosial dan semangat berkemajuan, sebagaimana Muhammdiyah. Apa yang kita ambil langkah tentu berdasarkan data yang pasti", ujarnya.

Nurni Akma selaku ketua LLHPB Aisyiyah diakhir acara mengajak kepada seluruh pengurus Aisyiyah untuk produktif diera pandemi. Selain itu, program yang sudah direncanakan bisa berjalan dengan istiqomah.


"Termasuk program Kelentingan Keluarga dan Komunitas kali ini, semoga selalu bermanfaat untuk masyarakat", pungkasnya.


Kontributor : Farah/ Fur

No comments:

Post a Comment

Gunakan LMS, Siswa SMP Mutual Punya Akun Masing-Masing Dalam Pembelajaran Era Pandemi

  SURYAWARTA.COM- Magelang Sampai saat ini, kejelasan untuk masuk sekolah belum pasti. Bukan soal kesiapan atau keberanian, namun kondisi i...