-->

Feat

Mutual Bertutur, Edukasi Siswa Membangun Rasa Empati

 

SURYAWARTA.COM-Magelang 18 November 2020 merupakan milad Muhammadiyah di usianya yang genap 108 tahun dalam hitungan kalender Masehi. SMP Muhammadiyah 1 Alternatif (Mutual) yang merupakan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) dibidang pendidikan tentu turut memperingati sebagai bagian dari rasa kesyukuran atas usia Muhammdiyah yang semakin bertambah. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah mengemas dengan "Mutual Bertutur" yang diselenggarakan secara virtual, Kamis (19/11/20).


Kegiatan ini diisi dengan dongeng dan juga penggalangan dana peduli merapi yang saat ini telah berstatus siaga III. Dengan menghadirkan pendongeng nasional Kak Damar, para siswa disentuh empatinya ditengah situasi yang sedang dilanda bencana. 


"Ini adalah moment yang pas, selain meneladani perjuangan Kyai Dahlan sebagai pendiri Muhammadiyah dengan watak sosialnya, ditengah situasi bencana ini kita ajarkan para siswa untuk mengasah rasa empati dengan lingkungan sekitar", kata Wasi'un selaku kepala sekolah.


Lebihlanjut, Wasi'un mengatakan nantinya hasil penggalangan dana Peduli Merapi ini akan disalurkan melalui Lembaga Amil Zakat Infaq Sodaqoh Muhammadiyah (Lazismu) Kota Magelang.


"Karena masih pandemi, maka acara ini kita buat virtual dengan streaming YouTube. Kita buka open donasi yang dapat disalurkan dengan cara mentransfer atau bisa setor langsung kesekolah", ucapnya.


Dikatakan, antusiasme para siswa cukup bagus. Pasalnya, ini menjadi bagian dari terobosan pembelajaran yang tidak monoton materi pembelajaran formal.


"Kita kasih rentan waktu 2 pekan. Nantinya akan kita serahkan secara simbolis kepada Lazismu", terangnya.


Salah satu siswa kelas VII bernama Bilqis terlihat antusias, ini dilihat dari respon saat pembicara Kak Damar memberikan tantangan dengan hadiah doorprize mushaf al quran. Tantangannya adalah siapa yang berani memberikan kesimpulan dan rangkuman materi tercepat dan nanti mendapat doorprize.


"Semoga semarak milad Muhammadiyah dengan kemasan beda ini dapat membangun karakter pada anak sehingga tumbuh rasa filantropy dan peduli dengan keadaan sekitarnya", pintanya.

Kontributor : Fury Fariansyah

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mutual Bertutur, Edukasi Siswa Membangun Rasa Empati"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel