-->

Feat

Berikan Edukasi Mitigasi Bencana, SMP Mutual Gandeng MDMC Kota Magelang

 

Foto : Para siswa SMP Mutual Kota Magelang foto bersama dengan MDMC setelah melaksanakan kegiatan pelatihan mitigasi bemcana

SURYAWARTA.COM-Magelang Ratusan siswa SMP Muhammadiyah 1 Alternatif (Mutual) Kota Magelang mengikuti kegiatan mitigasi bencana yang diselenggarakan oleh sekolah beberapa waktu lalu. Acara ini menggandeng Relawan Muhammad Kota Magelang yang tergabung dalam Muhammadiyah Disaster Management Canter (MDMC).

Dalam kegiatan ini, para siswa mendapat materi tentang antisipasi dalam mengahadapi bencana. Karena sekolah mempunyai gedung bertingkat, maka mereka diajak simulasi jika terjadi gempa bumi.

Dalam sambutannya, Ahmad Haryanto selaku wakil kepala sekolah menyampaikan bahwa mitigasi bencana itu penting. Menurutnya, letak geografis Indonesia ini merupakan negara yang rawan akan bencana.

"Kota Magelang memang menjadi kota penyangga ketika terjadi bencana. Khususnya adalah keberadaan gunung merapi yang masih aktif. Meskipun gunung merapi terletak di Kabupaten Magelang", tuturnya.

Dirinya juga menyampaikan bahwa bencana tidak ada yang tau kapan terjadi, maka antisipasi dan edukasi harus dilakukan.

"Terimakasih kepada MDMC yang sudah berkenan memberikan edukasi mitigasi bencana sehingga menjadi pengalaman baru", ucapnya.

Dirinya berharap, semoga dengan adanya pelatihan mitigasi bencana ini para siswa dapat mendeteksi dini jika suatu saat terjadi bencana. 

"Kita tidak pernah tau, namun antisipasi itu penting", ungkapnya.

Muarip salah satu anggota MDMC Kota Magelang yang memberikan materi menyampaikan bahwa masih minim sekolah yang memasukkan kurikulum ini. Maka suatu kebanggaan jika MDMC dilibatkan dalam memberikan edukasi kepada para siswa sehingga dapat saling belajar.

"Kita menyampaikan materi temtang antisipasi dini jika terjadi bencana. Seperti gunung berapi, gempa, angin dan lainnya", jelasnya saat ditemui wartawan setelah memberikan materi.

Menurutnya, sekolah sebagai lembaga pendidikan diharapkan dapat bersinergi untuk saling menyiapkan segala kejadian yang dimungkinkan. Berdasarkan pengalaman, Kota Magelang lebih sering terjadi angin. Selain itu, SMP Mutual yang memiliki bangunan 4 lantai ini perlu juga antisipasi gempa. 

"Meskipun kita tidak berharap bencana itu terjadi, namun mitigasi menjadi penting", ulasnya.

Rafli salah satu siswa yang menjadi peserta merasa senang mendapatkan pelatihan ini. Materi ini menjadi pengalaman pertama dalam membaca dan menyikapi bagaimana jika terjadi bencana. 

"Terimakasih telah memberikan ilmu baru. Semoga kita tetap bisa waspada. Dan tentu kita berdoa agar tidak terjadi bencana", tandasnya.

Kontributor : Fury 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Berikan Edukasi Mitigasi Bencana, SMP Mutual Gandeng MDMC Kota Magelang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel