-->

Feat

Dibuka Parade Puisi, Festival Merah Putih SMP Mutual Berjalan Meriah

Foto : Chomsin Adi Subroto salah satu guru bahasa Indonesia yang ikut membaca parade puisi kemerdekaan 

SURYAWARTA.COM-Magelang Dalam menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-76 tahun, SMP Muhammadiyah 1 Alternatif (Mutual) Kota Magelang menyelenggarakan “Festival Merah Putih” sebagai wujud nasionalisme dan cinta tanah air dalam mengenang jasa para pahlawan. Kegiatan ini berjalan selama 3 hari di lingkungan SMP Mutual Kota Magelang.

Rabu (15/08) acara dibuka langsung oleh kepala sekolah, Wasi’un, M. Pd.I dan diawali dengan pembacaan puisi kemerdekaan secara parade oleh guru bahasa Indonesia. Chomsin Adi Subroto, S. Pd selaku guru bahasa Indonesia membacakan puisi penuh dengan menjiwai. Dengan judul “Peta Perjuangan” karya Bambang Sadono. Dilanjutkan oleh Nur Isni Winarti, S. Pd dengan judul “Kita adalah Pemilik Sah Republik Ini" karya Taufik Ismail.

Truk peta dengan dinding luka

Merangkak rengas dengklok

Seorang bayi merengek minta susu

Malah bergememing mentertawakan

Sandiwara kecil yang tidak lucu”, baca Adi dengan penuh ekspresif.

Dalam sambutannya, Wasi’un, M. Pd.I mengajak kepada para siswa untuk berliterasi pada Sejarah. Bahwa kemerdekaan bukan sebuah hadiah namun hasil perjuangan para pahlawan yang merelakan nyawanya demi kemerdekaan bangsa. Tugas generasi selanjutnya adalah bagaimana mengisi kemerdekaan dengan aktifitas positif yang mampu membangun eradaban masa depan.

Foto : Wasiun selaku kepala SMP Mutual saat membuka acara Festival Merah Putih 

“Tidak ada hasil tanpa perjuangan. Kita harus mengambil hikmah dalam kemerdekaan ini sebagai pengalaman membangun mimpi kita. Simbolisasi lomba-lomba hanyalah Pelajaran berharga bahwa semangat dan spirit perjuangan harus melekat dalam diri siswa SMP Mutual Kota Magelang”, ajaknya saat membuka acara.

Dwi Dedi, S. Pd selaku ketua panitia menyampaikan bahwa kegiatan ini berjalan atas kerjasama panitia, Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) dan Palang Merah Remaja (PMR). Menurutnya, pelibatan siswa menjadi penting sebagai ajang pembelajaran dalam menggerakkan organisasi dan mengasah leadership siswa.

“Lomba-lomba yang kita adakan dalam Festival Merah Putih ini meliputi : lomba administrasi kelas, balap karung, solo lagu kemerdekaan, paduan suara, poster, volley terpal, orasi kemerdekaan, estafet ranjau”, paparnya.

Selain lomba-lomba, dikatakan bahwa ada upacara bendera yang dilaksanakan pada tanggal 17 agustus nantinya. Selain itu, lomba-lomba juga ada yang bersifat hiburan juga lomba yang memang secara filosofi untuk merenungi nuansa kemerdekaan.

Foto : Salah satu siswa SMP Mutual sedang mengikuti lomba hiburan balap karung

“Seperti orasi kemerdekaan ini diharapkan dapat mengingat jasa pahlawan. Lagu kemerdekaan yang dibuat dengan konsep paduan suara juga diharapkan mampu mengambil nilai-nilai semangat kemerdekaan”, pungkasnya.

Kontributor : Fury Fariansyah

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Dibuka Parade Puisi, Festival Merah Putih SMP Mutual Berjalan Meriah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel